SETTING ACCESS POINT UBNT (PICO) STATION 2

Nama : Givo Brades
Nim : 151460006 
Nama Dosen : Suryayusra, M.Kom
Universitas Binadarma 
www.binadarma.ac.id



Ok kali ini saya akan menjelaskan tutorial cara setting Access Point Ubnt (PICO) station 2 seperti pada gambar diatas. Pada Access Point Ubnt (PICO) 2 terdapat port untuk ke adapter. Dan pada adapter terdapat 2 port yaitu port POE dan port LAN. Port POE berfungsi untuk menghubungkan access point ke adapter. Dan Port LAN yaitu untuk menghubungkan ke PC.


1. Setting dahulu ipv4 pada pc anda, dengan ip (192.168.1.xxx) angka terakhir bisa berapa saja.  Lihat contoh  pada gambar 



2. Kemudian buka browser lalu ketikkan ip default dari access point nya yaitu 192.168.1.20

 



3. Kemudian akan ada tampilan login ke access point nya. Pada username masukkan ubnt dan pada password juga masukkan ubnt lalu klik login.





4.  Kemudian akan ada tampilan untuk mensetting access point. Disini saya akan mencoba membuat 1 buah wifi dengan. Pilih Wireless, lalu pada wireless mode pilih access point, dan pada SSID masukkan nama wifi yang nantinya akan anda buat. Jika telah selesai klik change.



5. Lalu kemudian saya akan menentukan ip LAN dan WAN nya. Pilih menu Network, kemudian pada menu network mode pilih Router, dan pada pilihan WLAN masukkan ip yang akan anda tentukan dan jangan lupa ceklis pada pilihan Enable NAT dan Enable DHCP Server. Anda juga bisa menentukan berapa client yang hanya bisa terhubung dengan menentukan ip pada Range Start dan Range End.
Anda juga bisa menentukan ip pada LAN . Jika telah selesai klik change pada bagian bawah dan kemudian nanti akan ada tombol klik apply pada bagian atas agar konfigurasi yang anda setting bisa tersimpan.




6. Jika telah selesai cabut kabel LAN yang anda hubungkan dari adapter ke PC. Dan pindahkan kabel LAN tersebut ke penyedia koneksi internet anda. Disini saya mencabut kabel LAN yang tadinya terhubung dari adapter access point ke PC, dan saya pindahkan menjadi dari adapter ke Switch.



7. Selanjutnya saya akan melakukan pengujian wifi yang tadinya saya buat, apakah sudah ada dan apakah bisa terhubung ke wifi tersebut. Bisa anda lihat wifi yang saya buat pada access point dengan nama kelompok1-TD4A sudah ada. Dan sekarang saya akan mencoba apakah bisa terhubung dengan wifi tersebut.




8. Saya akan mencoba menghubungkan ke wifi tersebut bisa anda lihat pada gambar bahwa saya telah terhubung ke wifi yang tadinya saya buat. Dan dapat mengakses internet dengan wifi tersebut. Oh ya pada wifi tersebut sengaja tidak saya buat password nya. Jika anda ingin menambahkan password pada wifi yang anada buat anda bisa tambahkan pada pilihan wireless security.



9. Bisa dilihat pada gambar diatas saya berhasil mengakses facebook dengan wifi yang tadinya saya buat. Ok sekian tutorial kali ini yaitu tentang cara setting Access Point Ubnt (PICO) station 2. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Apakah picostation2 ini bisa diseting sebagai repeater atau extended?

    ReplyDelete
  2. Blackjack Online for Free - JTG Hub
    If 청주 출장샵 you want to 안동 출장마사지 play with money, 구리 출장샵 then you want to choose a card that is 원주 출장안마 suited to you. There 구미 출장마사지 are several advantages of playing blackjack online.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Konfigurasi DHCP menggunakan Ubuntu Server pada Virtualbox

SETTING ACCESS POINT ENGENIUS EAP 350