Cara Konfigurasi DHCP menggunakan Ubuntu Server pada Virtualbox

Hai semuanya, kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yaitu tentang "Cara Konfigurasi DHCP menggunakan Ubuntu Server pada Virtualbox". Ok langsung saja .

Alat dan bahan :
1. Virtualbox versi terbaru
2. Ubuntu server.iso (disarankan menggunakan ubuntu server yang versi terbaru, disini saya menggunakan versi 16.04.1 LTS ) kalian bisa download di website resmi nya ubuntu
3. Koneksi internet . 

Langkah-langkah :
1.      Setting jaringan ubuntu server pada virtualbox agar terhubung ke jaringan internet. Klik setting pilih network , lalu pada adapter 1 nya pilih NAT, kemudian klik Ok.





2. Kita buka ubuntu server nya pada virtualbox klik start. Kemudian kita masuk system root dengan mengetikkan perintah : sudo su  Lalu kita update terlebih dahulu system ubuntu server nya dengan mengetikan lagi perintah : apt-get update

catatan : Pada gambar diatas bisa anda lihat nama koneksi saya yaitu eth0 , jika pertama kali menginstall ubuntu server biasanya nama tersebut bukan eth0 tetapi enp0s3 tidak apa-apa karena itu tidak bepengaruh. 




3. Jika telah selesai selanjutnya install dhcp nya dengan mengetikkan perintah : apt-get install isc-dhcp-server lalu enter.





4. Setelah selesai. Langkah selanjutnya ketikkan : nano /etc/default/isc-dhcp-server. Kemudian pada baris paling bawah kita ganti interfaces = “”, menjadi interfaces = “eth0”. Anda bisa sesuaikan dengan nama koneksi yang anda gunakan jika anda menggunakan enp0s3 maka pada konfigurasi tersebut anda ganti menjadi interfaces = "enp0s3"  jika telah selesai simpan dengan mengetikkan CTRL+O , lalu CTRL+X enter






   5. Kemudian ketikan perintah : nano /etc/dhcp/dhcpd.conf . Perintah ini bertujuan untuk menentukan alamat IP DHCP server kita dan range IP yang kita gunakan untuk client nya.  Lalu kita cari baris seperti pada gambar, dan kita hapus tanda # baris tersebut. Sebagai contoh pada gambar saya menggunakan alamat IP 192.168.10.1 untuk server nya. Untuk lebih jelas nya seperti ini :
     pada baris subnet masukkan IP yang ingin anda tentukan .
-         Subnet 192.168.10.0
-         Netmask 255.255.255.0
-         Range 192.168.10.2 192.168.10.10 berarti akan ada 8 client yang bisa terhubung.
-  Option domain-name-server (masukkan nama yang ingin anda gunakan. Disini saya menggunakan nama saya yaitu brades.com)
-         Domain name brades.com
-        Option subnet-mask 255.255.255.0
-        Option routers 192.168.10.1 (alamat IP inilah yang akan menjadi IP server kita)
-        Option broadcast-address 192.168.10.255
Setelah selesai tekan CTRL+O lalu enter untuk menyimpan, kemudian CTRL+X untuk keluar.






6. Lalu ketikkan perintah : nano /etc/network/interfaces. Kemudian masukkan alamat IP yang tadi telah anda tentukan. Lihat contoh pada gambar. Lalu simpan lagi CTRL+O . Jika anda menggunakan enp0s3 maka ganti eth0 menjadi enp0s3







   7. Setelah itu anda kembali ke virtualbox, lalu ganti settingan pada virtualbox ubuntu server nya, pilih setting, network lalu pada adapter 1 nya ganti menjadi Host Only dan pada advanced nya promiscuous mode pilih allow all. Lalu klik Ok . Dan pada virtualbox pilih file > preferences > network > host only networks > edit > dhcp server > unceklist enable server lalu klik ok







8. Kemudian kita kembali lagi ke Ubuntu server nya, lalu ketikkan perintah : /etc/init.d/networking restart. Langkah ini bertujuan untuk merestart jaringan IP agar sesuai dengan IP yang telah kita tentukan tadi. Jika IP belum berubah, maka ketikkan perintah : reboot untuk merestart Ubuntu server nya. Lalu ketikkan perintah : ifconfig , dan lihat apakah IP nya telah berubah atau belum.




9. Lalu anda buka control panel, pilih network and internet, pilih lagi network and sharing center, pilih change adapter setting. Pada virtualbox anda klik kanan lalu pilih properties dan pilih TCP/IPv4 dan pilih properties lagi. Pilih ip address secara auto lihat pada gambar, lalu klik ok.






10. Setelah selesai anda buka kembali Ubuntu server nya, dan ketikkan perintah : /etc/init.d/isc-dhcp-server restart agar dhcp nya berjalan. Untuk pengetestan buka CMD pada windows anda dan ketikkan ipconfig kemudian lihat apakah dhcp nya telah terhubung atau belum. Jika telah terhubung maka domain name server anda akan anda disana, dan ip nya pun secara otomatis berubah mengikuti range ip yang tadi anda tentukan sebelum nya. Bisa dilihat bahwa pada Windows 10 saya didiberikan IP 192.168.10.4




11. Dan pada ubuntu desktop saya diberikan IP 192.168.10.2



    Ok sekian tutorial "Cara Konfigurasi DHCP menggunakan Ubuntu Server pada Virtualbox" kali ini semoga dapat bermanfaat buat kalian semua.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SETTING ACCESS POINT UBNT (PICO) STATION 2

SETTING ACCESS POINT ENGENIUS EAP 350